Siapa sih yang tidak ingin mencapai financial freedom dalam hidupnya? Kebebasan finansial adalah kondisi dimana seseorang bisa mengambil berbagai keputusan pengeluaran tanpa memikirkan kondisi keuangan. Cara mencapai kebebasan finansial mayoritas orang tentu saja bukanlah hal yang mudah. 

Untuk mencapai kebebasan finansial biasanya dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang sifatnya matang. Walaupun sudah memiliki uang yang cukup banyak, bukan berarti gaya hidup hemat diabaikan. Banyak orang gagal mencapai tahap bebas finansial karena memilih gaya hidup bermewah-mewahan. 

Sekilas Tentang Kebebasan Finansial (Financial Freedom)

Financial freedom adalah suatu kondisi ketika seseorang sudah memiliki cukup simpanan uang, bebas hutang, memiliki uang cukup untuk gaya hidup, dan pastinya ikut serta dalam menyimpan dana investasi. Tidak semua orang bisa dengan mudah mencapai kondisi seperti ini, sehingga perlu adanya kerja keras.

Kebanyakan orang yang bekerja di suatu perusahaan sekalipun belum  tentu bisa mencapai kebebasan finansial dengan mudah. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari nominal gaji, kebutuhan, harga bahan pokok selalu naik, dan keterbatasan waktu serta skill yang dimiliki oleh orang tersebut. 

Ketika seseorang sudah berhasil mencapai kebebasan finansial, maka umumnya tidak ada kekhawatiran sama sekali saat ingin membeli barang-barang atau kebutuhan yang diinginkan. Pembelian barang dengan harga mahal ataupun sedang, setiap orang memiliki standarnya masing-masing. 

Kebebasan finansial tidak hanya mencakup bisa memenuhi kebutuhannya sendiri secara optimal, namun seseorang juga memiliki dana pensiun agar tidak terlalu terikat dengan pekerjaan. Dalam tahap ini, Anda akan merasa memiliki kebebasan hidup tanpa harus bekerja rutin untuk mendapat gaji per bulannya. 

Baca Juga  10 Cara Menjadi Produktif Agar Jadi Sukses

Tidak dapat dipungkiri, golongan orang-orang yang memiliki kebebasan finansial kebanyakan berasal dari kalangan pengusaha, pejabat, endorsement, content creator media sosial, dan lain-lain. Tentunya tetap ada usaha yang perlu dilakukan untuk mendapatkan uang, namun bisa dilakukan secara santai. 

Berbagai Tingkatan atau Level Financial Freedom

Tingkat kebebasan finansial yang dimiliki setiap orang tentu saja berbeda-beda, oleh sebab itu Anda tidak bisa mematoknya dalam 1 kategori. Menurut sebuah buku yang ditulis oleh “Grant Sabatier”, ada level kebebasan finansial yang akan dialami oleh seseorang yaitu sebagai berikut. 

1. Clarity Level

Apa yang dimaksud dengan level clarity? Pada tahap ini biasanya seseorang akan terlebih dahulu melihat situasi keuangan yang dimiliki. Setelah mengetahui besaran jumlah uang yang ingin dikeluarkan, hutang piutang, dan lainnya baru menentukan tujuan yang akan dicapai.

2. Mandiri atau Self-Sufficiency Level

Financial freedom yang memungkinkan seseorang mandiri secara finansial, maka bisa diperoleh dari penghasilan yang mencukupi tiap bulannya. Anda bisa memenuhi segala kebutuhan secara mandiri mulai dari membayar penginapan, skincare, makan, dan lainnya tanpa bantuan siapapun.

3. Breathing Room Level

Orang-orang yang berada dalam posisi ini biasanya masih memiliki sisa uang setelah selesai bayar seluruh kebutuhan hidup. Sisa uang nantinya bisa dimanfaatkan untuk keperluan dana darurat (tabungan), investasi saham, dan keperluan lainnya yang diinginkan. 

4. Stability Level

Kondisi keuangan stabil memungkinkan seseorang tidak memiliki hutang personal ataupun hutan kredit yang membebani tiap bulannya. Selain itu, Anda juga memiliki dana darurat dan biaya hidup dalam waktu 6 bulan kedepannya. Ingin berada dalam level financial stability?

Biasanya orang-orang seperti ini memiliki pendapatan yang lumayan besar tiap bulannya, lalu tidak hanya mengandalkan gaji utama. Masih banyak pendapatan sampingan yang bisa didapatkan oleh orang tersebut, sehingga tidak panik ketika mengalami keadaan yang tidak terduga. 

Baca Juga  Personal Income : Pengertian, Rumus dan Cara Menghitungnya

5. Flexibility Level

Anda sudah memiliki dana darurat, tabungan investasi, dan sudah sanggup membiayai kebutuhan selama 2 tahun kedepannya. Dengan nominal investasi dan dana darurat yang besar, maka dana bisa disimpan langsung pada bank agar nantinya bisa digunakan sesuai kebutuhan. 

6. Financial Independence

Level financial freedom ini pastinya sangat diinginkan oleh semua orang. Anda sudah berhasil mencapai kemandirian finansial hanya dari pendapatan investasi. Bentuk investasi sendiri sangat beragam mulai dari sewa properti, investasi saham perusahaan, dan investasi jangka panjang.

7. Abundant Wealth

Level 7 akan ditempati oleh orang-orang yang sudah memiliki kekayaan melimpah. Anda sudah memiliki uang dalam jumlah sangat banyak dan tidak perlu khawatir memikirkan masalah ekonomi. Orang yang berada dalam level ini, mungkin bingung ingin menggunakan uangnya untuk apalagi.

Bagaimana Cara Mencapai Financial Freedom?

Setiap orang pastinya berangan-angan bisa menduduki level kebebasan finansial dalam hidup, namun sayangnya tidak tahu strategi yang perlu dilakukan. Kunci utama dalam mencapai kebebasan finansial dengan mengatur keuangan, kemudian terapkan beberapa cara berikut ini. 

1. Menentukan Life Goals (Tujuan Hidup)

Kebebasan finansial memiliki lingkup yang sangat luas, oleh sebab itu tidak bisa dikategorikan oleh orang lain. Mengapa demikian? Karena lazimnya setiap orang memiliki ukuran tersendiri untuk bisa mencapai gaya hidup yang sesuai keinginan. 

Mulai sekarang tentukan gaya hidup seperti apa yang Anda inginkan, berapa banyak uang yang harus ditabung, dan umur berapa mencapai tabungan tersebut. Ciptakan financial goals tiap bulan bahkan tahun untuk lebih mudah dalam mencapai deadline yang sudah ditentukan. 

2. Mengetahui Kondisi Keuangan Sendiri

Kondisi keuangan yang akan dihadapi saat ini tentunya sangat berguna untuk mempelajari sektor yang bisa didapatkan kedepannya. Belum lagi mempertimbangkan masalah hutang piutang, maka sebaiknya sesuaikan kondisi keuangan dengan life goals kedepannya. 

Baca Juga  Shio yang Beruntung di Tahun 2024 & Tips Mengatur Keuangannya!

3. Catat Berbagai Bentuk Pengeluaran

Untuk bisa mencapai tahap financial freedom, maka sebaiknya Anda mencatat segala bentuk pengeluaran dana. Pengeluaran dana bisa dibuat dalam bentuk laporan bulanan, agar lebih mudah dalam mengatur keuangan dan evaluasi dana yang bisa saja mengalami pembengkakan. 

4. Menyiapkan Dana Darurat 

Manusia tidak pernah mengetahui hal-hal yang akan terjadi kedepannya, oleh sebab itu memiliki tabungan dana darurat sangat diperlukan. Tidak perlu menunda waktu untuk memiliki dana darurat karena Anda bisa mengumpulkannya dari sekarang sedikit demi sedikit. 

Dana darurat nantinya bisa digunakan ketika seseorang sedang menghadapi masalah yang tidak terduga sebelumnya. Beberapa peristiwa yang rentan terjadi misalnya sakit, kecelakaan, dan musibah lainnya sehingga membutuhkan dana cukup besar. 

5. Tidak Mengandalkan 1 Penghasilan

Untuk lebih cepat berada dalam tahap kebebasan finansial, maka sudah seharusnya Anda mencari pendapatan lain. Tentunya ada berbagai cara menambah penghasilan misalnya kerja freelance, jualan online, berinvestasi, part time, dan aktivitas lain yang waktunya bisa dibagi. 

6. Segera Melunasi Hutang

Seseorang yang memiliki financial freedom tentu saja sudah tidak memiliki hutang personal atau kredit. Jika memang Anda memiliki kemauan kuat untuk mencapai kebebasan finansial, maka bisa mencicil hutang dari sekarang agar kedepannya tidak memiliki beban apapun. 

7.  Berinvestasi

Sekarang ini sudah banyak berbagai jenis investasi yang bisa memberikan keuntungan. Cara cerdas mencapai kebebasan finansial dengan menyisihkan gaji 10-15% kemudian berinvestasi. Anda bisa mencoba investasi saham, investasi crypto, deposito, dan lain-lainnya. 

Mencapai financial freedom bagi beberapa orang mungkin sulit, namun dengan usaha dan kerja keras, maka pasti akan ada hasil yang didapatkan. Mulai dari sekarang, rencanakan keuangan Anda dengan baik dan berusahalah hemat dalam melakukan pengeluaran setiap harinya.

Author