Investasi properti adalah salah satu jenis investasi yang berupa properti yang cukup menjanjikan. Para pemodal yang sadar akan pentingnya investasi properti pasti menanamkan modal untuk membeli properti dengan harga cenderung naik.

Memangnya, apa saja alasan yang membuat investasi properti penting untuk dilakukan sejak sekarang? Apa keuntungannya di masa yang akan datang? Simak langsung penjelasan lebih lengkap tentang alasan investasi properti sangat penting dalam artikel ini!

Alasan Pentingnya Investasi Properti Bagi Para Pemodal

Investasi di masa kini sangat penting untuk dilakukan demi masa depan yang lebih baik. Jenis investasi yang beragam membuat para pemodal lebih bisa menyesuaikan kesanggupannya untuk melakukan investasi, termasuk investasi di bidang properti.

Baca Juga  Pengertian Secondary Market Adalah, Manfaat, Contoh, dan Jenisnya

Berikut ini alasan pentingnya investasi di bidang properti yang harus diketahui para pemodal, yaitu:

1. Sebagai Passive Income Bagi Pemilik

Beragam cara investasi properti yang dilakukan pastinya dapat berperan sebagai passive income untuk pemodal. Pemilik properti sebagai pemodal pun akan sangat diuntungkan karena mendapatkan uang hanya dengan memiliki sebuah properti bangunan, tanah, atau lainnya.

Pendapatan tersebut bisa dihasilkan hanya dengan menyewakan properti kepada pihak lainnya. Contoh lainnya adalah pendapatan bisa diperoleh dengan menjadikan properti bangunan sebagai bisnis, misalnya dijadikan sebagai kost atau kontrakan.

2. Harga Properti Cenderung Selalu Naik Setiap Waktu

Investasi properti merupakan pilihan investasi yang tepat karena risiko investasi properti termasuk rendah, tetapi dapat menghasilkan keuntungan finansial yang tinggi. Mengapa? Hal ini karena harga properti yang cenderung selalu naik dari waktu ke waktu.

Rata-rata properti bahkan mengalami kenaikan harga sebesar 10-20% setiap tahunnya. Harga properti tersebut bahkan tidak terlalu dipengaruhi oleh inflasi sebesar 3-5% per tahun yang dapat terjadi dari waktu ke waktu.

Baca Juga  EPS Adalah : Pengertian Earning Per Share, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Pemodal bisa saja menjual properti yang dimilikinya di masa depan dengan harga yang pastinya jauh lebih tinggi daripada harga beli terdahulu. Keuntungan yang diperoleh pun bisa berlipat ganda atau sangat besar.

Harga properti yang cenderung selalu naik dari tahun ke tahun juga membuat investasi di bidang properti sangat cocok untuk investasi jangka panjang bagi pemiliknya.

3. Investasi Properti Dikontrol Sepenuhnya oleh Pemilik

Alasan lainnya pentingnya investasi properti adalah properti dikontrol atau diatur sepenuhnya oleh pemilik. Kondisi ini berbeda dengan investasi dalam bentuk saham, reksadana, obligasi, atau paper asset lainnya di mana pemodal atau pemilik tidak dapat mengontrol sepenuhnya.

Ketika melakukan investasi di bidang properti, pemilik akan bebas menentukan harga sewa kepada orang lain. Selain itu, ketika properti akan dijual pun pemilik dapat sepenuhnya menentukan harga jual tergantung dengan keinginan atau kebutuhannya.

4. Dapat Menjadi Agunan atau Jaminan Pinjaman

Ketika pemilik properti membutuhkan uang mendesak, maka ia tidak perlu menjual properti yang dimilikinya. Pemilik dapat menjadikan properti sebagai agunan. Artinya, properti berupa bangunan, tanah, atau properti lainnya juga dapat jaminan untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Baca Juga  Saham Adalah : Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Contohnya!

5. Investasi Properti Tidak Perlu Dipantau Setiap Hari

Investasi dalam bentuk properti menjadi sangat penting dan menguntungkan karena pemilik tidak usah repot memantaunya setiap hari. Pemilik hanya perlu memantau atau melakukan perawatan sesekali pada periode waktu tertentu.

Properti yang tidak dipantau setiap hari pun tidak akan hilang atau berpindah tangan, sehingga lebih aman dan terjamin.

Pentingnya investasi properti memang harus dipahami dan dipelajari sejak sekarang demi masa depan yang lebih baik. Keuntungan investasi di bidang properti pastinya akan memberikan banyak manfaat finansial maupun manfaat lainnya di masa depan.

Author